Merancang Pembelajaran Online

Ditengah pandemi, pembelajaran online dapat menjadi salah satu solusi. Merancang pembelajaran online harus sesuai dengan kebutuhan, kemampuan dan ketersediaan

Era pandemi lagi lagi menciptakan berbagai kebiasaan dan adat baru dalam kehidupan seharu hari. Tidak terkecuali dunia pendidikan. Yang mau tak mau harus menerima imbas menyedihkan, dengan dilakukannya pembelajaran dirumah. Siswa dan Guru harus berjibaku dengan metode dan cara baru pembelajaran jarak jauh (PJJ), yang notabene ini menjadi perihal baru dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Pembelajaran jarak jauh dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Meski terkesan dapat membantu, penggunaan teknologi ini tidak lantas tanpa kekurangan, salah satunya minimnya interaksi secara langsung antara guru dan siswa, pembelajaran terlasana secara satu arah serta, serta kekurangan secara teknis maupun esensial lainnya. Meski demikian pendidikan online menjadi satu satunya solusi yang bisa dilakukan di era pandemi saat ini, bagaimana memaksimalkan serta meminimalisir kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran dengan melakukan perancangan pembelajaran online dibawah ini

Tentukan Calon Siswa Anda

Pembelajaran online dengan memanfaatkan berbagai aplikasi online tidak serta merta dapat dilakukan dengan metode, fasilitas dan cara ajar yang sama. Penggunaan berbagai fasilitas belajar online tersebut harus di sesuaikan dengan jenjang pendidikan siswa, mulai dari tingkat Sekolah Dasar, Menengah, atau tingkat atas. Nah, sebelum memutuskan menggunakan fasilitas belajar online anda harus mengetahui siapa siswa anda terlebih dahulu. Hal ini sangat penting, karena keberhasilan proses belajar mengajar jarak jauh ini bergantung pada sarana yang sesuai denga perkembangan kognitif anak.

Tentukan Sasaran / Indikator Pembelajaran Yang Dituju

Pembelajaran yang baik harus memiliki sasaran / indikator capaian yang jelas, yang tersampaikan dalam kompetensi dasar maupin inti. Sehingga pembelajaran yang dilakukan tetap mengacu pada track sasaran yang terukur. Pendidik haru mampu memilah antara tujuan, indikator, untuk kemudian menentukan kebutuhan dalam melaksanakan pembelajaran. Misalnya dengan capaian, siswa mampu berfikir kritis, siswa dapat belajar berbasis project harus di tentukan terlebih dahulu tujuan dan indikator pembelajaran

Memilih Jenis pembelajaran Online

Pembelajaran jarak jauh (PJJ), dapat dipilih dengan berbagai skema, sebagai pendidikan setelah menentukan tujuan belajar hal selanjutnya adalah memilih jenis/ metode pembelajaran online yang sesuai. Ada beberapa jenis pembelajaran online yang bisa di pilih, Metode Video Converence, Self learning, memanfaatkan media pembelajaran video, gambar, ataupun penugasan. Kembali lagi, bahwa pemilihan metode yang sesuai harus dipertimbangkan dengan berbagai aspek yakni, kebutuhan, kemampuan serta ketersediaan

Memilih Fasilitas dan Aplikasi Pembelajaran yang Sesuai

Dengan mempertimbangkan berbagai kebutuhan dan kesesuaian peserta didik. Pendidik dapat memilih aplikasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Berbagai aplikasi dapat menunjang kebutuhan dalam belajar mengajar, pembelajaran bagi anak-anak yang cukup dewasa dapat digunakan pembelajaran berbasis self learning dengan LMS (Learning Manajement System) LMS yang bisa di manfaatkan seperti Google Classroom, self hosted, thinkfid dsb. Jika pada beberapa kesempatan kebutuhan untuk diskusi dibutuhkan, pendidik bisa memilih aplikasi video converence seperti Zoom, Google Meet dll. Aplikasi-Aplikasi tersebut dapat diakses secara gratisan maupun berbayar. Selain itu yang bisa digunakan untuk berkomunikasi secara mudah dan cukup familier, pendidik bisa memanfaatkan aplikasi whatsapp group sebagai salah satu alternatif. Selain itu, yang terpenting dalam memilih aplikasi ini harus disesuaikan dengan capaian, kebutuhan dan ketersediaan, sehingga pendidik dapat memilih yang paling sesuai atau bahkan mengkolaborasikan dari berbagai aplikasi diatas.why not!

Evaluasi Berbasis Online

Untuk melihat keefektifan berbagai pembelajaran pendidikan harus menyiapkan salah satu metode untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk menilai kemampuan peserta didik dengan pembelajaran yang sudah dilakukan. Evaluasi bisa dilakukan melalui beberapa cara, pendidikan dapat membuat serangkaian kuisinoner atau soal-soal isian yang bisa dikerjakan secara online oleh peserta didik. Selain itu evaluasi juga bisa dilakukan dengan menilai tugas-tugas yang telah dilakukan. Poin penting dari evaluasi ini adalah untuk mengetahui atau hasil belajar yang telah dicapai oleh peserta didik yang dapat digunakan sebagai input bagi proses belajar selanjutnya.

Kemampuan serta Akses Peserta didik

Sebagai seorang pendidik, atau institusi sekolah secara kelembagaan, harus mampu mengetahui tingkat kemampuan serta akses ekonomi siswa atau orang tua siswa, hal ini penting untuk memilih prasarana teknologi yang ramah terhadap kemampuan siswa dan orang tua. Dengan mempertimbangkan hal hal diluar sistem pendidikan tersebut, tidak terlibat dalam pendidikan secara langsung namun menjadi penunjang utama kesuksesan proses belajar mengajar dalam pembelajaran online.

Demikianlah serangkaian perancangan pembelajaran online yang dapat dimanfaatkan untuk menambah referensi bagi pendidik maupun pegiat pembelajaran online. Semoga dapat memberikan tambahan asupan pengetahuan sebelum memulai proses belajar