Asosiasi UMKM di Kukuhkan, Dorong Munculnya Wirausaha Baru

Ratusan orang nampak memenuhi ruangan pertemuan Angling Dharmo lt II pemkab Bojonegoro pada Selasa (20/5/2016),  ada sekitar 300 an orang sedang mengikuti Seminar Internet Marketing yang dirangkai dengan pengukuhan pengurus daerah Asosiasi UMKM Bojonegoro. Salah satu dari ratusan orang tersebut adalah penulis sendiri yang juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan itu. Menghadirkan tiga Narasumber untuk mengisi seminar, Narasumber pertama yakni ketua Dekopinda Bojonegoro Sriyadi Purnomo yang menyampaikan materi “Strategi Pemasaran dan Jaringan UMKM”, sedang Narasumber kedua tim Praktisi IT dari asosiasi UMKM Bojonegoro Ganes Widyantara yang menyampaikan materi “Dasyatnya Viral Marketing Lonjakkan Omset Jualanmu”, selain kedua narasumber tersebut acara dibuka dengan sambutan dari kepala dinas koperasi dan UMKM Bojonegoro, Suharto.

Pengukuhan pengurus UMKM BojonegoroPengukuhan Asosiasi UMKM Di Bojonegoro kemarin bisa dikatakan sebagai kebangkitan perekonomian di kota minyak , hal tersebut diharapkan akan ikut berkontribusi terhadap perekonomian makro di Indonesia dengan bergeliatnya dunia usaha di Bojonegoro yang terwadahi dalam sebuah organisasi. Sebagai visi pendirian Asosiasi UMKM ini adalah “Terdepan dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mandiri dan berdaya saing di Jawa Timur“, yang secara tidak langsung makna dari rangkaian kata tersebut adalah salah satunya upaya untuk mendorong munculnya wirausaha wirauaha baru di Kota Ledre.

Dalam pembangunan ekonomi di Indonesia UMKM selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai peranan penting, karena sebagian besar jumlah penduduknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik di sektor tradisional maupun modern. UMKM hadir sebagai suatu solusi dari sistem perekonomian yang sehat.

Keberhasilan pembangunan nasional dapat ditempuh dengan menggunakan paradigma pembangunan yaitu pemberdayaan. Salah satu upaya pemberdayaan tersebut yaitu melalui pemberdayaan UMKM. UMKM adalah sektor usaha yang mampu bertahan di krisis multidimensi tahun 1998 dan krisis global pada tahun 2008. Pemberdayaan UKM mutlak diperlukan, pertumbuhan ekonomi Bojonegoro yang terus naik setiap tahun salah satunya juga dipengarui oleh keberadaan UMKM, pada tahun 2016 ekonomi di Bojonegoro tumbuh sebesar  19,43 %, walaupun penyumbang terbesar adalah dari sektor Migas yakni sumber daya alam Minyak Bumi, sektor industri, jasa, perdagangan yang didalamnya juga UMKM tumbuh sebanyak 5,9 %.
Dengan dikukuhkannya Asosiasi UMKM di Bojonegoro selain memberikan pembinan dan pemberdayaan bagi UMKM yang sudah ada, juga diharapkan mampu menjawab tantangan untuk ikut mendorong munculnya wirausaha wirausaha baru dari kota ledre, kemudahan teknologi  membuka luas pangsa pasar tidak hanya dalam lingkup lokal namun juga dunia harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga bojonegoro, tentunya dengan berwirausaha. Teori mengatakan negara maju dengan jumlah pengusahanya minimal 2%, di Indonesia sendiri jumlah pengusaha tumbuh 1,65% dari jumlah penduduk Indonesia sebesar 250 juta jiwa, presentase itu masih kalah dengan jumlah pengusaha di Malaysia dan juga singapura.
Usaha untuk mendorong munculnya wirausaha baru  bisa dilakukan dengan memberikan motivasi untuk berwirausaha bagi pemuda pemudi usia produktif di Bojonegoro, dengan membuka fikiran warga Bojonegoro tentang peluang peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan, pemberian motivasi tersebut dapat dilakukan dengan secara intensif dan juga berkelanjutan, dengan pendampingan dan juga asistensi, wirausaha memang soal sense oleh karena itu untuk memulai berwirausaha setiap orang bisa melihat kembali kedalam dirinya, tentang minat ,passion, yang disukainya, sehingga wirausaha yang berwirausaha sesuai dengan minatnya akan tumbuh menjadi wirausaha yang tahan banting dan tidak mudah menyerah ketika produk atau barangnya tidak laku. Dengan semakin meningkatnya jumlah pengusaha berkorelasi dengan meningkatkan jumlah penyerapan tenaga kerja, yang akan membuat ekonomi suatu daerah bergairah dan secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan dalam tulisan ini penulis juga mengucapkan Selamat Atas dikukuhkannya Pengurus Daerah Asosiasi UMKM Bojonegoro, Salam Tiga Jari !

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s