Nasi Kucing Sukijan dan Melodi Cinta Usang

Judulnya petjah petir banget ya , nasi kucing Sukijan dan melodi Cinta yang usang, ini sebenanrnya lebih mau cerita soal wisata kuliner yang khas di kota Orogenojob alias Bojonegoro, kalau ditanya makanan apa yang paling merakyat buat anak sekolah, muda mudi, anak kuliahan, paling simple dan bikin kenyang, para pemuda di seantero Bojonegoro pasti gak jaim jaim amat sama nasi kucing Sukijan, alias nasi Cak Su, apa sih hebatnya nasi kucing cak su ini kok bikin baper sama judulnya.

Nasi Kucing, bukan berarti nasi ini abis di eker eker atau dicampur sama kucing ya, lebih tepatnya nasi ini mirip miriplah sama penampakannya nasi yang biasanya dimakan kucing, dibungkus kertas minyak cuma ada satu lauknya yaitu tahu bumbu, jangan heran banyak yang suka, meskipun lauknya cuma ada satu rasanya gak kalah petjah, badae abis, harganya cuma 2000 perak, harga yang lama cuma 1500,yang ngaku orang Bojonegoro belum kekinian bangat kalau belum makan Nasi kucing cak Su ini.

Siapa sangka dari Nasi yang bungkusnya rada rada mirip nasi makanan ikan ini punya banyak cerita, memori 2011 silam, saat kita masih sama sama kuliah punya kisah seru bareng nasi kucing sukijan ini, namanya anak kuliahan pulang kuliah laper banget pasti iya, makan yuk yank ajakku, lalu memandang sambil tersenyum dia bilang kalau uanganya tinggal 10 ribu, hemm putar otak makan apa ya dengan uang 10 ribu, ?? ahaa akhirnya kita memutuskan untuk membeli nasi kucing, 10 ribu udah dapat 3 Nasi kucing plus gorengan. Kita punya cara asyik buat menikmati nasi kucing biar terasa kaya nasi goreng khas Japanilla cafe, hahaha

Abis beli nasi kucing trus dia nyalain mesinnya trus kita muter muter deh jalanan Bojonegoro sambil makan tuh nasi kucing hehe, jadi ga berasa kalau makan nasi kucing kerasanya seperti nasi goreng javanilla, makan berdua sesekali aku menyuapinya didalem mobil sambil lihat lihat kota Bojonegoro di malam hari. Cerita macam itu sering kami nikmati beberapa waktu, bahkan 5 tahun setelahnya setelah kami menikah masih sering menikmati Nasi Kucing khas Cak Su ini. Kebetulan setelah kita menikah langsung tinggal berdua saja serumah, jadi mau ini mau itu yah tinggal kita berdua aja, kadang tengah malam kelaparan dan masakan juga sudah habis kita keluar berdua sambil muter muter jalanan Bojonegoro saat dini hari sekitar pukul 01.30 WIB, dan pulangnya beli nasi Kucing Cak Su ini. Puncaknya saat hamil si Saska saya sempat juga pingin sekali makan nasi kucing ini, entah apa itu yang disebut ngidam atau tidak, rasa tahu bumbunya itu yang bikin nagih, sampe saya beranikan diri untuk membeli hanya tahun bumbunya saja, dan si penjualnya tidak membolehkan karena tahu bumbu itu khusus Nasi Kucing, akhirnya saya bereksperimen untuk membuat sendiri dirumah, dan suami sempat senyum senyum bilang ini makanan apa, halooo ini tahu KW nya Sukijan hehe.

Dari Nasi kucing yang bertempat di pojok jalan menuju Tempat penimbunan kayu atau TPK ini, ternyata banyak tersimpat hikayat cerita penuh drama dari tiap bungkusnya hehe. Siapa sangka teman teman sekerja juga punyai deep memorial dengan nasi Kucing Cak Su ini, kisah klasik perjuangan dan saat Indonesia terjadi peralihan rezim orde baru ke masa reformasi tahun 1999 silam, ternyata nasi kucing cak Su ini sudah melengkapi perjuangan teman teman di IDFoS, entah berapa harganya waktu itu. IDFoS adalah tempatku berkerja  saat ini, adalah sebuah lembaga non pemerintah yang bergerak dibidang riset dan pengembangan masyarakat, yang dibentuk pada tahun 1999 silam. Memoar nasi Kucing menjadi melodi cinta bagi saya teman teman, yang ikut menjadi teman, dalam masa masa perjuangannya. Jadi ketika kita sudah menikmati nasi rawon, soto, bakso, dan makanan lainnya kurang lengkap tanpa nasi kucing Sukijan sukorejo.Hidup kuliner unik Jonegoro

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s