Bojonegoro, Gudangnya Pemuda Kreatif

Assalamualaikum wr. wb, Alhamdulillah bisa nulis lagi ya, siang ini mumpung si Kecil lagi bobo whooz manfaatin buat sedikit coret coret di blog yang tulisannya masih 2 biji, hehehe insya Allah semoga Allah meridhoi untuk konsisten menulis amin.

Ceritanya beberapa waktu yang lalu sempat mendapatkan sebuah tag message dari salah seorang teman di facebook, yang intinya dalam pesan tersebut adalah informasi untuk menjadi relawan atau inspirator di kelas inspirasi Bojonegoro “Dolan”, dari namanya sudah tidak asing lagi kan, Kelas Inspirasi  itu loh embrio dari program Indonesia mengajar yang ada di daerah daerah, nah mau sedikit cerita singkat jadi kelas inspirasi itu adalah sebuah even yang sudah meNasional salah satunya juga dilakukan di Bojonegoro ini, kegiatan dalam kelas inspirasi ini yakni memberikan inspirasi kepada anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar yang terletak di daerah 3T (terluar, terdepan, tertinggal) kegiatannya cuma mengajar sehari memberikan inspirasi kepada anak anak disana yang gunanya untuk memberikan mereka inspirasi untuk berani bermimpi berani bercita cita, sesuai dengan tagline nya “Sehari mengajar selamanya menginspirasi dan  menginspirasi lewat profesi” Tapi disini saya tidak sedang membahas kelas inspirasi ya, saya cuma terkagum kagum dengan Bojonegoro terlebih pemuda pemudanya, wooooz badaee abis top bingit! kreativitasnya, kepeduliannya untuk Bojonegoro patut untuk diapresiasi.

Kelas Inspirasi cuma salah satu bentuk gerakan sosial yang diprakarsai oleh pemuda pemuda Bojonegoro walaupun KI merupakan anak embrio dari program Indonesia Mengajar, KI cuma salah satu, ada beberapa lagi gerakan yang dilakukan oleh pemuda pemuda Bojonegoro sebagai bentuk kepeduliannya untuk kota energi tercinta ini, dari gerakan  Kelas inspirasi kemudian lahirlah “Sahabat Inspirasi” sebuah gerakan sosial sejenis namun asli wong jonegoro yang terbaru beberapa waktu yang lalu Sahabat Inspirasi ini barus saja merayakan hari lahirnya ke-1 yang dituangkan dalam acara “Bojonegoro Youth Summit” sebuah even untuk menjaring pemuda pemuda potensial di Bojonegoro dengan melahirkan terobosan terobosan baru bagi kota ini.

Selain dua gerakan yang dipelopori oleh pemuda, masih ada lagi gerakan untuk memajukan Bojonegoro yang diinisiasi oleh pemuda, dari sisi teknologi ada Relawan Teknologi Informasi atau relawan TIK, Blogger Bojonegoro. Berkerja sama dengan stakeholder pemerintah dua organisasi tersebut telah membuat desa desa di Bojonegoro memiliki website desa, yang bisa bikin Bojonegoro makin eksis di dunia, dan sempat beberapa waktu yang lalu membaca news online bahwa 52 desa di Bojonegoro telah mempunyai website desa how great!,dan sisanya dari 419 desa akan dituntaskan pada tahun 2016. Gimana pemuda bojonegoro keren keren kan? ada lagi soal local pride untuk merch unik khas Bojonegoro, kita punya pemuda dengan hasil karyanya local merch “Genyo!” bakalan PD dan proud banget makenya secara “Genyo” itu adalah satu logat khas atau kata kata asli jonegoro yang aslinya “kenapa” dan ditangan pemuda kreatif hal tersebut dijadikan lokal merch asli Bojonegoro di Bali punya Joger, di Bojonegoro punya Genyo, disini bidang pariwisata yang akan menunjukkan eksistensinya, walaupun di Bojonegoro minim bangat sarana wisatanya, jadi jika orang luar tanya, ada gak kaos lokal asli Bojonegoro, ada ya Genyo!

Kadang saya melamun, bisa tidak ya kalau saya kembali jadi pemuda? dan ikut ambil bagian dari gerakan gerakan diatas, memangnya saya sudah tua? haha, padatnya kegiatan dari bangun tidur hingga tidur lagi nampaknya masih menjadi alasan klasik ya, apalah daya saya yang cuma bisa nulis ini, semoga peran pemuda dengan gerakan gerakan mereka bisa berkontribusi positif bagi pembangunan yang berkelanjutan di Bojonegoro.Amin

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s